Kamis, 03 Maret 2011

Petty Cash


A. Pengertian Kas Kecil
Dana kas kecil adalah uang kas yang disediakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.
Kas kecil biasanya dikelola oleh sekretaris karena dana tersebut disediakan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pimpinan di dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

B. Sistem/metode Pencatatan Petty Cash
Imprest
Sistem ini dikenal juga dengan sistem dana tetap karena dana yang disuntikkan setiap periodenya sama, yaitu sebesar check yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk membentuk kas kecil.
Fluktuasi
Dalam metode fluktuasi pembentukan dana kas kecil dilakukan dengan cara yang sama seperti dalam sistem imprest. Perbedaannya dengan sistem imprest adalah bahwa dalam metode fluktuasi saldo rekening kas kecil tidak tetap. Tetapi berfluktuasi sesuai dengan jumlah pengisian kembali dan pengeluaran dan kas kecil.

Kedua metode diatas sebenarnya tidak mempengaruhi pencatatan yang dilakukan oleh kasir petty cash. Karena pencatatan yang dilakukan oleh sekretaris bukanlah pencatatan yang langsung mempengaruhi pembukuan perusahaan. Bukan pula jurnal. Tetapi hanya catatan sementara agar pada waktu pengisian kembali, laporan dan tanda bukti yang diserahkan kasir petty cash gampang terbaca oleh bagian pembukuan. Namun kedua metode diatas wajib diketahui oleh sekretaris yang berwawasan.

Petty cash Record
Petty cash record adalah buku yang mencatat semua jenis pengeluaran dari dana petty cash yang terdiri dari :
- Tanggal
- Keterangan
- Nomor voucher
- Jumlah penerimaan
- Jumlah pengeluaran

Repleneshing The Petty Cash Fund
Prosedur untuk menambah petty cash:
- Totalkan semua pengeluaran
- Periksa petty cash voucher atau kwitansi-kwitansi apakah sudah cocok dengan yang tertera di buku petty cash record
- Hitung sisa uang tunai yang ada.
- Periksa apakah jumlah uang tunai yang ada ditambah dengan kwitansi-kwitansi dan pengeluaran-pengeluaran sama dengan dana petty cash yang diterima.
- Mintalah uang tunai/cek sebanyak pengeluaran yang telah dilakukan, lalu tambahkan pada uang tunainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar